Senin, 05 Februari 2024

Latihan 3 IKM Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Merdeka

 

Latihan 3 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Merdeka


1 dari 10 soal

Berikut merupakan opsi dalam menyusun deskripsi capaian kompetensi tujuan

pembelajaran pada laporan hasil belajar:

1) Penyusunan deskripsi berdasarkan tujuan pembelajaran

2) Penyusunan deskripsi berdasarkan nilai hasil pembelajaran

3) Penyusunan deskripsi mengambil dari capaian pembelajaran

4) Penyusunan deskripsi mengambil dari poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan Tiga  opsi  yang  tepat  dalam  menyusun  deskripsi  capaian  kompetensi  tujuan pembelajaran pada laporan hasil belajar adalah….


A. 1), 2), dan 4) 

B. 1), 3),  dan 4) 
C. 2), 3), dan 4) 

D. 1), 2), dan 3)
 

2 dari 10 soal

Untuk   mengetahui   apakah   peserta   didik   telah   berhasil   mencapai  tujuan pembelajaran, pendidik perlu menetapkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Kriteria ini dikembangkan saat pendidik merencanakan asesmen, yang dilakukan saat menyusun perencanaan Banyak pendekatan yang dapat digunakan oleh pendidik, salah satunya adalah rubrik. Pada tugas menulis laporan, pendidik menetapkan kriteria ketuntasan yang terdiri atas dua bagian, yakni isi laporan dan penulisan. Dalam pembuatan rubrik, pendidik menetapkan empat tahap   pencapaian: baru berkembang, layak, cakap, dan mahir. Jika deskripsi tahap pencapaian mahir pada kriteria penulisan laporan adalah “semua tanda   baca dan huruf kapital digunakan secara tepat”, pada tahap pencapaian cakap adalah….

A. Sebagian kecil tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat

B. Sebagian tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat

C. Belum menggunakan tanda baca dan huruf kapital secara tepat

D. Sebagian besar tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat

 

3 dari 10 soal

Pada akhir semester, pendidik mata pelajaran Fikih selesai mengolah nilai hasil pembelajaran dengan hasil dan ketentuan berikut:

Pada awal pembelajaran pendidik menetapkan KKTP secara kuantitatif (50-60)

Ruslan mendapat nilai pada materi shalat jamaah 80, haji dan umrah 88, zakat 60, puasa sunah 75.

Deskripsi untuk nilai rapor yang tepat adalah “Ananda Ruslan….


A. Sangat menguasai dalam hal shalat berjamaah dan haji umrah, serta perlu pendampingan lebih lanjut penguasaan tentang zakat."

B. Sangat menguasai dalam hal haji dan umrah, serta perlu ditingkatkan lebih lanjut tentang penguasaan tentang materi zakat."

C. Sangat menguasai dalam hal shalat berjamaah dan haji umrah, serta perlu pendampingan lebih lanjut penguasaan tentang puasa sunnah."

D. Sangat menguasai dalam hal haji dan umrah, serta perlu pendampingan lebih lanjut penguasaan tentang shalat berjamaah."


soal 4


Diantara jenis instrumen asesmen yang disiapkan oleh pendidik dapat berupa suatu pedoman yang dibuat untuk menilai dan mengevaluasi kualitas capaian kinerja peserta didik.   Melalui pedoman tersebut, pendidik dapat memusatkan perhatian pada kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik sekaligus mempertimbangkan bantuan yang dapat diberikan kepada peserta didik dalam meningkatkan Capaian kinerja dimaksud dituangkan dalam bentuk kriteria atau dimensi yang akan dinilai, yang dibuat secara bertingkat dari kurang sampai terbaik. Deskripsi di atas menggambarkan instrumen asesmen berupa….


A.Ceklis

B.Grafik Perkembangan

C Catatan anekdot

D.Rubrik

 

Soal 5

Nilai akhir peserta dalam pembelajaran diolah bersumber dari hasil akhir asesmen

sumatif, baik berangkat dari beberapa tujuan pembelajaran maupun hasil dari akumulasi  tujuan  pembelajaran  pada  periode  tertentu.  Pendidik  menetapkan bahwa peserta didik dianggap telah menyelesaikan semua tujuan pembelajaran dengan rentang nilai 56-100.

Berikut adalah tabulasi hasil penilaian peserta didik bernama Amalia:

 

Deskripsi yang tepat hasil belajar untuk Amalia adalah….

A. Terdapat tiga TP yang belum dituntaskan dari lima mata pelajaran

B. Telah menuntaskan semua TP yang telah dipelajari dari semua mata pelajaran

C. Terdapat lima TP yang belum dituntaskan dari empat mata pelajaran

D. Terdapat lima TP yang belum dituntaskan dari lima mata pelajaran

 

Soal 6

Pak Rasyid adalah MTs Assa’adah. Setelah melakukan pembelajaran tentang shalat

berjamaah, ia meminta peserta didik berbagi peran, ada yang menjadi imam ada yang menjadi makmum, untuk mempraktikkan shalat berjaah di mushola madrasah. Sambil membawa instrumen penilaian, Pak Rasyid mengamati praktik shalat berjamaah yang dilakukan peserta didik. Teknik penilaian yang tepat untuk digunakan adalah….


A.Penugasan

B.Tes tulis

C.Unjuk kerja

D.Tes lisan

 

soal 7

Pada Kurikulum Merdeka diharapkan pendidik dapat menguatkan kemampuan peserta didik dengan melakukan asesmen formatif dalam proses pembelajaran. Berikut merupakan contoh kegiatan asesmen formatif….

A. Peserta didik mengerjakan soal yang dibuat pendidik setelah menyelesaikan materi pada satu tujuan pembelajaran

B. Setelah  pembelajaran  berlangsung  pendidik  menyampaikan  pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat penguasaan materi untuk memberikan umpan balik

C. Pada akhir pembelajaran, setelah menyelesaikan satu capaian pembelajaran, pendidik melakukan asesmen

D. Pendidik menyusun soal pilihan ganda setelah peserta didik mempelajari semua materi pada akhir semester

 

Soal 8


Pendidik telah melaksanakan asesmen untuk salah satu Tujuan Pembelajaran (TP) mata pelajaran IPAS Fase C, yakni Menyelidiki ragam sumber energi yang dapat dimanfaatkan di lingkungan sekitar. Indikator/Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP): 1) mampu menguraikan manfaat sumber energi; dan 2) mampu  melakukan  pengamatan  sesuai  prosedur  Penilaian  yang  digunakan pendidik menggunakan rubrik: 1) perlu bimbingan, 2) cukup, 3) baik, dan 4) sangat baik.  Setelah  dilakukan  penilaian  didapat  nilai  salah  seorang  peserta  didik bernama Hermawan pada KKTP 1: nilai Cukup (65) dan KKTP 2: nilai Baik (75). Deskripsi yang tepat nilai hasil Hermawan adalah….

A. Mampu menguraikan lebih dari 2 contoh manfaat sumber energi serta dapat melakukan prosedur pengamatan secara mandiri dengan tepat

B. Mampu menguraikan 1 contoh manfaat sumber energi dan dapat melakukan prosedur pengamatan secara mandiri meskipun masih ditemukan 1 atau 2 kalkesalahan

C. Mampu menguraikan 2 contoh manfaat sumber energi dan dapat melakukan prosedur pengamatan secara mandiri meskipun masih ditemukan 1 atau 2 kalkesalahan

D. Mampu  menguraikan  1  contoh  manfaat  sumber  energi  serta  dapat melakukan prosedur pengamatan secara mandiri dengan tepat

 

soal 9

Berikut merupakan fungsi asesmen hasil pembelajaran.

1) alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada satu atau lebih tujuan pembelajaran di periode tertentu;

2) melihat  hasil  pembelajaran  yang  sudah  dilakukan  pendidik  setelah  proses pembelajaran sebagai bentuk umpan balik;

3) menentukan kelanjutan proses belajar peserta didik di kelas atau pada jenjang

4) mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yang telah Yang termasuk fungsi asesmen sumatif adalah….


A. (1), (2), (4)
B. (1), (3), (4) 
C. (1), (2), (3) 
D. (2), (3), (4)


Soal 10

Salah satu prinsip asesmen adalah bahwa asesmen merupakan bagian terpadu

dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali siswa dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya. Adapaun penerapan yang tepat asesmen dalam pembelajaran tergambar berikut….

A. Pendidik      menentukan      kriteria      ketercapaian      pembelajaran      dan menyampaikannya pada peserta didik, sehingga mereka memahami target yang perlu dicapai.

B. Pendidik merencanakan pembelajaran dengan merujuk pada tujuan yang akan dicapai dan memberikan umpan balik agar peserta didik dapat menentukan langkah untuk perbaikan berikutnya.

C. Pendidik menyediakan alokasi waktu yang cukup agar asesmen menjadi proses pembelajaran dan bukan hanya untuk kepentingan menilai

D. Pendidik menggunakan teknik asesmen yang beragam sesuai dengan fungsi dan tujuan asesmen. Hasil dari asesmen formatif digunakan untuk umpan balik pembelajaran,   sementara   hasil   dari   asesmen   sumatif   digunakan   untuk pelaporan hasil belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah berkomentar di laman blog kami