Senin, 05 Februari 2024

Kunci Jawaban Latihan 2 Pelatihan IKM ( Impelementasi Kurikulum Merdeka ) Di Si Pintar Kementerian Agama RI

LATIHAN 2 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA)

 

1 dari 10 soal

Sebelum melaksanakan pembelajaran, pak Faiz mengadakan asesmen awal untuk mengetahui  profil  belajar  peserta  didiknya  di  kelas.  Dari  hasil  asesmen  awal tersebut diketahui bahwa 30% peserta didik memiliki gaya belajar visual, 30% peserta didik bergaya kinestetik, dan 40% peserta didik bergaya auditori. Pak Faiz juga berhasil mengumpulkan informasi, bahwa secara umum peserta didiknya memiliki kecenderungan minat yang relevan dengan gaya belajar masing-masing.

 

Berdasarkan data tersebut, pak Faiz merencanakan pembelajaran berdiferensiasi

pada elemen proses sebagai berikut, kecuali ….

A. Guru menyajikan penjelasan materi kepada peserta didik dalam bentuk modul atau bahan ajar seperti artikel informatif

B. Peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporahasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster, maupun bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat

C. Peserta   didik   diminta   mengamati   dan   mendiskusikan   isi   video   untuk memperoleh pengetahuSalah satu prinsip pembelajaranan baru

D. Guru  memberikan  kesempatan  kepada  peserta  untuk  melakukan  praktik bermain peran agar mereka lebih memahami penjelasan guru

 


2 dari 10 soal

Capaian pembelajaran untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada madrasah disusun dengan karakteristik sebagai berikut, kecuali ….

A. Diarahkan untuk mengakomodir pencapaian keterampilan abad21

B. Disusun sesuai konteks kebangsaan dan ke-ndonesiaan

C. Disusun dengan karakteristik memasukkan nilai moral dan etika

D. Orientasi kesejahteraan dunia sekaligus kebahagiaan akhirat

 

3 dari 10 soal

Implementasi   Kurikulum   Merdeka   mengedepankan   paradigma   baru dalam pembelajaran, bukan dalam arti menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

 

Penerapan  paradigma  baru  dalam  pembelajaran  dimaksud  tergambar  pada

beberapa kegiatan berikut, kecuali ….

A. Pada awal tahun ajaran, guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian sebelumnya.

B. Guru   senantiasa   memberikan   umpan   balik   langsung   yang   mendorong kemampuan  peserta  didik  untuk  terus  belajar  dan  mengeksplorasi  ilmu pengetahuan

C. Guru  menggunakan  otoritas  sebagai  pembimbing  utama  pembelajaran dalam mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain.

D. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi dan untuk membantu peserta didik mengembangkan kompetensi.

 

4 dari 10 soal

Capaian Pembelajaran (CP) dirancang dengan banyak merujuk pada teori belajar Konstruktivisme     dan     pengembangan     kurikulum     dengan     pendekatan “Understanding by  Design” (UbD)  yang dikembangkan  oleh Wiggins & Tighe  (2005). Dalam kerangka  teori ini,   “memahami merupakan  kemampuan yang dibangun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan kepada peserta  didik  untuk  dapat  menjelaskan,  menginterpretasi dan mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas suatu fenomena.

 

Terkait hal tersebut,  pernyataan yang benar dalam kurikulum Merdeka….

A. Hirarkhi  pengetahuan  tidak  digunakan  dalam  merumuskan  CP  dan  tujuan pembelajaran turunan dari CP

B. Taksonomi  pengetahuan  tidak  menggunakan  kata  kerja  operasional  yang spesifik

C. Memberi kebebasan kepada guru mengukuti taksonomi pengetahuan menurut teori yang disukai

D. Pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang komplek tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah

 

5 dari 10 soal

Salah satu prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

 

Terkait prinsip tersebut, beberapa pernyataan berikut merupakan kegiatan yang dapat dilakukan guru terhadap peserta didik, kecuali ….

A. Guru  memastikan  setiap  aktivitas  pembelajaran  selalu  diiringi  dengan pemberian  tugas  untuk  mengukur  pemahaman  peserta  didik  terhadap materi yang dipelajari

B. Guru  mendorong peserta  didik  untuk  melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan area yang perlu dikembangkan

C. Guru   senantiasa   memberikan   umpan   balik   langsung   yang   mendorong kemampuan   peserta  didik  untuk  terus  belajar  dan  mengeksplorasi  ilmu pengetahuan

D. Guru   memberikan   tugas   atau   pekerjaan   rumah   yang   ditujukan   untuk mendorong   pembelajaran   yang   mandiri   dan   untuk   mengeksplorasi   ilmu pengetahuan

 

6 dari 10 soal

Perhatikan Tabel Capaian Pembelajaran berikut! 

Elemen Capaian Pembelajaran Al-Qur‟an 


Peserta  didik    mampu  melafalkan,  menghafal,  memahami,  mengomunikasikan,

menganalisis  arti  dan  isi  kandungan  ayat-ayat  Al-Qur‟an secara  tekstual   dan kontekstual tentang; kekuasaan dan rahmat Allah Swt, sifat pemurah, optimis dan sabar, infak di jalan Allah Swt., kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal, sikap peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya, bersikap jujur dalam bermuamalah, semangat menuntut ilmu baik secara tekstual maupun kontekstual agar terwujud pribadi yang berakhlakul karimah, menghindari sifat sekulerisme, hedonisme, dan korupsi yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.


 Hadis

Peserta didik  mampu membaca, menghafal, memahami dan menganalisis arti dan isi kandungan hadis secara tekstual dan kontekstual tentang; kekuasaan dan rahmat Allah Swt, sifat pemurah, optimis dan sabar, infak di jalan Allah Swt., kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal, sikap peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya, bersikap jujur dalam bermuamalah, semangat menuntut ilmu baik secara tekstual maupun kontekstual agar terwujud pribadi yang  saleh  secara  sosial,  berakhlakul  karimah,  menghindari  sifat  sekulerisme, hedonisme, dan korupsi yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

 

Pak Dzikron bermaksud menyusun Tujuan Pembelajaran dari CP kedua elemen tersebut. Dalam menyusun Tujuan Pembelajaran, pak Dzikron bermaksud menerapkan teknik “lintas elemen”, maka contoh rumusan  Tujuan Pembelajaran yang dapat disusun pak Dzikron adalah ….

A. Membaca, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan hadits secara tekstual dan kontekstual tentang kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal

B. Membaca, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan hadits secara tekstual dan kontekstual tentang kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal

C. Melafalkan, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi  kandungan  ayat-ayat  Al-Qur‟an  secara  tekstual  dan  kontekstual  tentang

optimis dan sabar.

D. Melafalkan, membaca, menghafal memahami,    mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits secara tekstual dan kontekstual tentang kekuasaan dan rahmat Allah SWT.


 

7 dari 10 soal

Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali ….

A. Memungkinkan  kolaborasi  guru  pada  fase  yang  sama  untuk  merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik

B. Mendorong guru  fokus  pada  ketercapaian CP di akhir  fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan  peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.

C. Memberi  kesempatan  pada  guru  untuk  melaksanakan  pembelajaran  sesuai dengan kesiapan peserta didik.

D. Memungkinkan  guru  merancang  dan  melaksanakan  pembelajaran  secara flkesibel.

 

8 dari 10 soal

Capaian pembelajaran (CP) per fase dirumuskan dalam dua bentuk, yaitu capaian pembelajaran secara keseluruhan (umum) dalam lingkup satu fase dan capaian pembelajaran  per  fase  untuk  setiap  elemen.  Oleh  karena  itu,  penting  untuk pendidik memahami rumusan capaian pembelajaran untuk mata pelajaran yang diampu secara menyeluruh. Rumusan capaian per fase untuk mata pelajaran PAI pada madrasah terdiri dari unsur sebagai berikut:

A. Kompetensi, materi dan konte kstualisasi 

B. Kompetensi, materi dan orientasi

C. Kompetensi, materi dan rasional

D. Kompetensi, materi dan tujuan

 

9 dari 10 soal

Pembelajaran  dan  asesmen  merupakan  satu  kesatuan  yang  sebaiknya  tidak dipisahkan. Terkait hal tersebut, guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi   yang   hendak   dicapai   agar   keseluruhan   proses   pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi dimaksud. Kaitan antara pembelajaran dan asesmen, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali ….


A. Guru  harus  memastikan  bahwa  tujuan  pembelajaran  sudah  sesuai  dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal.

B. Guru  dapat  mengukur  capaian  hasil  belajar  peserta  didik  pada  akhir pembelajaran jika diperlukan.

C. Sepanjang  proses  pembelajaran,  guru  dapat  mengadakan  asesmen  formatif untuk  mengetahui  sejauh  mana  tujuan  pembelajaran  sudah  dicapai  oleh peserta didik.

D. Guru perlu merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran.

 

10 dari 10 soal

Setelah memahami substansi CP, guru diharapkan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam suatu fase untuk dirumuskan ke dalam sejumlah Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkrit. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut, kecuali .…

A. Merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP.

B. Merumuskan TP  dengan  cara  menganalisis   „kompetensi‟ dan  „lingkup materi‟

padaCP.

C. Merumuskan TP secara lintas elemen.

D. Merumuskan TP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah berkomentar di laman blog kami