Kunci Jawaban Pelatihan IKM ( Impelementasi Kurikulum Merdeka ) Di Si Pintar Kementerian Agama RI
Latihan Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah_LATIHAN 1
1. 1 dari 10 soal
Kurikulum memiliki fungsi menyiapkan generasi penerus bangsa agar siap menghadapi tantangan di
zamannya sekaligus mewariskan budaya bangsa. Karena itu kurikulum mengalami perubahan beberapa
kali. Pertimbangan paling penting perubahan kurikulum adalah ….
A. Mengikuti perubahan politik yang terkait pendidikan
B. Menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik
C. Mengikuti perkembangan tantangan zaman
D. Menyederhanakan materi pelajaran yang sangat padat
2 dari 10 soal
Salah satu prinsip dimensi ukhrawi dalam pendidikan adalah bahwa hubungan guru dengan peserta didik
diikat dengan mahabbah fillah, bukan transaksional. Gambaran prinsip tersebut dapat dilihat seperti
pernyataan berikut
A. Ikatan mahabbah fillah terjadi jika antara guru dengan peserta didik ada rasa saling kasih
sayang yang memunculkan amal shalih mencapai ridla Allah SWT.
B. Layanan yang diberikan oleh guru sangat tergantung dan dapat diukur dengan seberapa imbalan yang
diterima
C. Hanya dengan ikatan hubungan mahabbah fillah ini antara guru dengan peserta didik saling
memengaruhi/menolong sesuai dengan tugas dan fungsi
D. Guru mengajar sangat ditentukan oleh kondisi peserta didik. Jika mereka bersikap baik maka guru
akan mudah memberikan pembelajaran
3 dari 10 soal
Praktik pembelejaran berdiferensiasi disiapkan dalam Kurikulum Merdeka disarankan untuk
menanggulangi kekurangan praktik pembelajaran yang selama ini berjalan. Diantara hal ini yang ingin
diperbaiki adalah ….
A. Proses penilaian dengan standar yang sama untuk semua peserta didik supaya terjadi adanya
keadilan/objektivitas untuk mereka
B. Memperlakukan peserta didik dalam pembelajaran tanpa memperhatikan tingkat kemampuan,
minat, dan kecenderungan peserta didik
C. Praktik pembelajaran dengan perlakuan yang adil dengan guru memberikan tugas yang sama kepada
semua peserta didik
D. Praktik kurikulum yang menyamaratakan semua kemampuan peserta didik dalam capaian
pembelajaran
4 dari 10 soal
Kemampuan generasi mendatang hendaknya tidak lagi fokus pada pengetahuan karena internet telah
menyediakan segalanya, namun keterampilan hidup abad-21 yang senantiasa akan dibutuhkan untuk
menghadapi perubahan yang tidak menentu. Berdasarkan situasi tersebut, pernyataan yang kurang sesuai
dengan konsep tersebut adalah ….
A. Pendidik harus menyesuaikan dengan konstruksi kurikulum
B. Pembelajaran diorientasikan untuk menumbuhkembangkan nalar kritis dan kreatif
C. Kurikulum harus fokus dalam membentuk karakter peseta didik
D. Peserta didik dalam pembelajaran harus dikenalkan penggunaan teknologi
5 dari 10 soal
Dalam konsep paradigma Pendidikan Islam, proses belajar dan mengajar sangat diwajibkan sebagai
bentuk ibadah yang sangat mulia di sisi Allah SWT. Pernyataan yang tepat terkait prinsip tersebut adalah
….
A. Peserta didik memilih konsentrasi pada mata pelajaran IPS karena pada saatnya akan dapat
mengantarkan sukses
B. Hanya pembelajaran yang terkait mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang mengandung nilai ibadah
C. Peserta didik yang memilih peminatan IPA tidak terkait ibadah, jika tidak mau mempelajari ilmu
agama
D. Peserta didik yang memilih peminatan IPA bernilai ibadah karena sedang menyiapkan diri
menjalanan fardlu kifayah untuk memerankan profesi tertentu
6 dari 10 soal
Madrasah adalah sekolah umum berciri khas agama Islam. Hal yang harus ditanamkan dalam
implementasi proses pendidikan di madrasah adalah memperkuat nilai-nilai keagamaan. Pernyataan yang
kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah ….
A. Nilai spiritual keagamaan mewarnai cara berfikir dan bersikap dalam praktik pendidikan di madrasah
B. Pendidikan agama dan umum harus dipisahkan secara tegas, supaya masing-masing dapat
berjalan sesuai dengan target
C. Madrasah mengajarkan pendidikan agama Islam lebih banyak dari pada di sekolah
D. Semua aktivitas pratik pendidikan di madrasah diorientasikan dalam konteks beribadah kepada Allah
SWT
7 dari 10 soal
Guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya terkait langsung dengan pendidikan peserta didik. Agar
memiliki berdimensi ukhrawi dan bernilai ibadah maka proses pembelajaran hendaknya didorong oleh
niat yang baik dan dilakukan sesuai peraturan yang berlaku. Pernyataan yang tepat terkait hal tersebut
adalah ….
A. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban agama yang berkonsekuensi surga dan neraka
saja
B. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban untuk menjalankan perintah agama
sekaligus kewajiban karena adat/peraturan
C. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban karena dasar adat/peraturan yang tidak ada
konsekuensi surga-neraka
D. Menjalankan tugas dan fungsi guru merupakan kewajiban sebagai hamba yang beragama dan tidak
terkait dengan dunia
8 dari 10 soal
Seiring dengan perkembangan zaman yang cenderung sekuler dan hedonis, maka pendidikan di madrasah
perlu mengembangkan proses pendidikan yang memiliki dimensi ukhrawi. Pernyataan yang tepat terkait
prinsip tersebut adalah …
A. Aktivitas dunia dan akhirat adalah terpisah tidak bisa saling diintegrasikan
B. Semua aktivitas pembelajaran di madrasah tidak ada kaitannya dengan ibadah
C. Peserta didik dibekali ilmu agama yang lebih banyak dan mendalam
D. Aktivitas belajar dan mengajar yang terkait dengan kehidupan ukhrawi bernilai ibadah
9 dari 10 soal
Kurikulum Merdeka diyakini sebagai kurikulum yang memerdekakan kepada semua pihak. Kemerdekaan
tersebut tercermin dalam kebijakan sebagai berikut ….
A. Kebijakan capaian pembelajaran yang disusun berdasarkan fase-fase
B. Adanya asesmen awal yang berfungsi melihat kemampuan peserta didik
C. Kebebasan guru dalam menentukan capaian pembelajaran
D. Sistem implementasi yang mewajibkan antar guru saling berkolaborasi
10 dari 10 soal
Dalam membentuk kompetensi keterampilan yang dibutuhkan abad-21 Kurikulum Merdeka menyarankan
paradigma pembelajaran konstruktivisme sebagai acuan pembelajaran. Karena itu prinsip pengelolaan
pembelajaran perlu ….
A. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran
B. Pembelajaran diarahkan untuk menggunakan pembelajaran berdifferensiasi
C. Guru lebih aktif mendampingi siswa dalam belajar
D. Memperhatikan karakteristik peserta didik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih telah berkomentar di laman blog kami